matlab di wine

Sesuai dengan janji saya minggu lalu, saya kan memberikan tutorial untuk menginstall beberapa software yang dapat berjalan di matlab namun ada caranya untuk dapat berjalan dengan baik di wine.

Matlab. Saya asumsikan anda memakai versi 7 atau R2008 dan Wine anda adalah versi Wine 1.3 yang memiliki winetricks. Sebenarnya Matlab itu sudah bisa berjalan di versi 1.8.x, namun untuk menyamakan dan mempermudah anda di tutorial-turorial berikutnya, pakailah yang versi 1.3.

Setelah itu, bukalah terminal, lalu ketikkan “winetricks ie7″. Perintah tersebut digunakan untuk mendownload Internet Explorer 7. Loh ngapain? Dengan mendownload IE 7 ini, ada beberapa library yang langsung tersedia bersamaan dengan IE 7 ini. Library ini biasanya dipakai oleh beberapa aplikasi seperti MS Office 2010.

Nah jika sudah selesai, anda akan melihat beberapa library yang telah dipasang secara otomatis di bagian Configure Wine pada menu.

Setelah itu, copykan semua file yang ada dalam DVD matlab ke harddisk anda. Hal ini ditujukan agar file-file matlab terutama setup.exe dapat dijalankan atau diberi ijin untuk berjalan. Setelah tercopy semua, klik kanan pada setup.exe, lalu pilih properties. Pilih tab Permission, kemudian centang “Allow executing file as program” lalu tekan OK

Setelah itu klik kanan pada setup.exe dan pilih open with wine, lalu jalankan installasi seperti di Windows. Nah ini bagian yang penting sekaligus paling membedakan pada installasi biasa. Setelah  mencapai 90% an, matlab kemudian error, dan pesan errornya akan seperti ini.

Tekan tombol OK secara terus menerus, sampai installasi berlanjut. Setelah installasi berjalan dengan baik dan selesai, maka proses selanjutnya akan di lanjutkan pada halaman aktivasi. Mungkin dibagian ini, ada kemungkinan muncul error. Hal ini saya alami pada saat menginstall matlab di ubuntu 10.10, tetapi tidak di Joli OS (JoliCloud).

Lalu bagaimana jika terjadi error? Bukalah Activity Monitor pada menu System -> Administration. Pilih tab Process dan End Process pada aplikasi Matlab. Setelah itu halaman aktivasi akan hilang akibat dari end process. Langkah selanjutnya anda hanya perlu menjalankan matlab dari menu Wine, dan melanjutkan proses aktivasi seperti biasa.

Dan akhirnya Matlab pun bisa digunakan seperti di windows :D

Post a Comment