Membuat fungsi dengan menggunakan Matlab

Outline :

  • Fungsi dengan parameter
  • Fungsi dengan return value
  • Fungsi rekursif
  • Fungsi Nested

Matlab merupakan software yang digunakan untuk perhitungan komputasi numerik yang tingkat akurasinya sangat baik. Biasanya software ini digunakan dalam perhitungan yang membutuhkan tingkat presisi yang sangat tinggi seperti bidang computer, mesin, dan lain-lain.

1. Langkah Awal:

Bukalah matlab seperti tampilan berikut ini:

halaman awal matlab

2. Langkah berikutnya :

Buatlah file baru dengan cara file -> new -> M-File. Berikut adalah contoh tampilannya :

open file

Setelah itu, Anda dapat mengimplementasikan fungsi yang akan saya bahas berikut ini :

I. Fungsi dengan parameter

Membuat fungsi dimatlab ditandai dengan keyword function dan diakhiri dengan keywordend. Pada dasarnya, konsep pembuatan fungsi di matlab hampir sama dengan fungsi pada bahasa pemrograman structure ataupun method pada bahasa pemrogramaan OOP (Object Oriented Concept).

Berikut adalah contoh fungsi untuk menghitung data rata-rata dari matriks berukuran 1xn menggunakan matlab

image

Setelah membuat file tesebut save dengan nama average.m. Kemudian tekan F5 atau pilih menu Debug à Run pada editor matlab. Setelah itu, jika anda sebelumnya belum membuat path ke folder tempat anda menyimpan file .m maka matlab secara otomatis akan menanyakan kepada anda seperti berikut :

path matlab

Setelah muncul jendela window seperti diatas maka klik OK pada pilihan pertama. Kemudian coba jalankan fungsi yang telah anda buat dengan meletakan parameter matriks 1xn ke dalam fungsi average tersebut. Berikut adalah contohnya :

image

II. Fungsi dengan return value

Untuk fungsi yang memiliki return value, saya akan memberikan contoh yang merupakan modifikasi dari fungsi yang telah saya buat pada bagian pertama. Fungsi meghitung rata akan saya ubah sehingga dapat mereturn suaut nilai yaitu rata-rata yang dihasilkan dari perhitungan.

Berikut adalah contoh programnya :

image

Perhatikan keyword [hasil], dalam matlab return value disimpan dalam bentuk matriks yang didefinisikan oleh ‘[‘ dan ‘]’. Untuk return value lebih dari 1 buah maka bentuknya adalah sebagai berikut

function [A, B, C, ……] = fungsi()

Kembali ke contoh program, hasil yang saya telah definisikan sebagai hasil keluaran atau return value akan menampung nilai rata-rata yang diperoleh variable rata pada baris “hasil = rata”

Pemanggilan dalam matlabnya adalah sebagai berikut :

image

III. Fungsi rekursif

Fungsi rekursif adalah suatu fungsi yang akan memanggil dirinya sendiri. Saya kira anda pasti telah mengetahui mengenai hal ini. Sekarang saya akan mencoba untuk menyelesaikan relasi rekurensi

f(j, k+1) = f(j, k) – f(j+1, k)

dengan base case yang saya tentukan yaitu k = 10 atau j = 10. base case didapat dengan menggunakan general solution :

f(j, k) = sin(1.0 + (j-k)*pi/3);

Berikut ini adalah soure code dari program tersebut :

image

Perhatikan bahwa fungsi tersebut memanggil dirinya sendiri. Dan dalam contoh program ini terdapat fungsi yang didefinisikan secara nested function yaitu fungsi f dalam fungsi rekursif.

Untuk menjalankan programnya di matlab : Hasil = rekursif(0, 0);

============================================

# Penggunaan Script Pada Matlab (M.File)

Pada pengenalan matlab sebelumnya kita menulis program di command windows. Namun untuk program yang lebih banyak maka akan sulit jika kita menggunakan command windows. Dengan M-File deretan command atau program bisa kita simpan dalam bentuk script file dan kapan pun kita butuhkan kita dapat merunning progra tersebut. Kita pun dapat mengeksekusi skript tersebut pada command windows.
Cara membuat M-File bisa dimulai dengan membuka file baru. Caranya adalah melalui menu main windows File --> Open atau New --> M.File . Dengan menggunakan editor ini kita bisa membuka sejumlah M-File, editing ataupun menjalakannya dan melakukan debuging (atau mencari kesalahan didalam skript). Contoh Script M-File
% Program sederhana untuk menghitung
% rata-rata 5 bilangan:
% rata_rata.m
a = 10;
b = 20;
c = 100;
d = 150;
e = 2-0;
% Menghitung dan menampilkan rata-rata
hasil = (a + b + c + d + e)/5;
hasil
teks yang diawali dengan "%" menunjukan komentar, dan tidak akan dieksekusi oleh matlab. cara untuk menyimpan adalah klik save as dan nama filenya hrus diberi tanda "dot" M atau (Latihan.M)

1 komentar:

Post a Comment