GNU OCTAVE, ALTERNATIF MATLAB DI LINUX MATLAB

Anda tahu MATLAB?

Menurut Wikipedia :

MATLAB is a numerical computing environment and fourth generation programming language. Developed by The MathWorks, MATLAB allows matrix manipulation, plotting of functions and data, implementation of algorithms, creation of user interfaces, and interfacing with programs in other languages.

Yap, MATLAB merupakan aplikasi komputasi numerik yang dibuat oleh MathWorks. MATLAB dapat digunakan untuk manipulasi Matrik, plotting data dan fungsi, mengimplementasikan algoritma, membuat user interface, dan interfacing dengan program dalam bahasa (pemrograman) lain.. Ahh… mungkin saya salah artikan, mohon maklum, my english is bad.. Peace..
xixixi...

Sejauh yang saya tahu (dan saya coba), MATLAB cuma dipake untuk plotting data dan fungsi. Pertama saya kenal MATLAB waktu ada praktikum DSP (Digital Signal Processing) di Lab. PK&M jurusan Elektro konsentrasi Infokom. Saat itu saya sebagai assisten diwajibkan untuk menguasai MATLAB dalam waktu cukup singkat.. Jiah… Alhasil, saya cuma sekedar belajar aja, karena kurang begitu tertarik..
Depresi..
Nah, di semester ke-3 ini saya ambil mata kuliah semester 5, yakni Pemodelan dan Simulasi Sistem. Apaan tuh??
Bingung...

Saya sendiri kurang paham tentang mata kuliah ini, karena 3 minggu awal kuliah saya masih santai di kampung halaman.. a.k.a BOLOS.. ahahahahahahaha… jadinya? Ya, waktu masuk kuliah ini jadi bingung sendiri.. Mata kuliah apa apaan ini..hahahahaha (kok malah ketawa..)

Pemodelan dan Simulasi untuk lebih lengkapnya bisa Anda pelajari (cari) sendiri.. hehehe.. Tapi oleh Dosen saya, kami diajarkan untuk memodelkan suatu sistem, lalu mensimulasikannya dengan MATLAB.. Kemarin quiz, dan… Saya tidak dapat menjawabnya Depresi.. Datengnya aja sekitar 45menit setelah mata kuliah mulai.. Untung Pak Komang baik.. Thanks pak!

Soal quiz kelihatannya simpel, cuma memodelkan sistem antrian. dan jika bisa, dibuatkan model matematisnya (berupa rumus – rumus matematika, yang menurut saya terlihat seperti materi Induksi Matematik di mata kuliah Matematika Diskrit). Ternyata temen – temen (dan saya) hanya bisa membuat tabel dan diagram waktunya (timing diagramnya)..

Tugas pemodelan dan simulasi yang dari minggu lalu sudah diberikan, tidak satu pun dari kami mengerjakannya dengan benar.. (lebih parah saya, engga buat sama sekali..) Dan sekali lagi, kebaikan dari Pak Komang! Beliau memberi kesempatan lagi untuk kami semua..

Oke, setelah selesai quiz dadakan dari Pak Komang, saya bertanya sekali lagi ke beliau..

Saya : Pak, kalau saya engga pake MATLAB boleh, kan? Saya pake alternatif untuk Linux, Pak..
Pak Komang : Ya, boleh aja.. Yang penting kamu buatkan model matematisnya, lalu script-nya, setelah itu jangan lupa screenshot hasil plotting..
Saya : Oh, iya Pak.. Kalau begitu terima kasih Pak..

Nah, apa alternatif di Linux yang saya gunakan? Setelah browsing2, ternyata ada yang namanya

GNU Octave atau Octave aja..

Octave is a computer program for performing numerical computations. It is mostly compatible withMATLAB.

Kalo MATLAB secara default memiliki GUI, jadi mudah dalam pengoperasiannya. Kalo Octave, defaultnya adalah terminal/ konsol.. >,< Saya jadi ilpil waktu pertama jalanin, karena basisnya terminal. Setelah ubek2 Synaptic, ternyata ada Qt front-end-nya! Wah, senang sekali rasanya.. ^^

Untuk nginstalnya, gampang banget, bisa dari Synaptic ato liwat terminal. Kalo pake Synaptic, tinggal centang ajapackages yang namanya qtoctave, lalu kalo ada konfirmasi install packages lainnya, pilih Mark. tunggu sampi proses selesai, trus jalankan dari menu Applications > Education > QtOctave.

Bagi yang lebih suka pake terminal, tinggal ketik :

sudo apt-get install qtoctave

Kalo udah, langsung jalankan seperti cara di atas, dari menu Applications, dst..

Kompatibilitas dengan MATLAB :

Octave has been built with MATLAB compatibility in mind, and shares many features with MATLAB:

  1. Matrices as fundamental data type.
  2. Built-in support for complex numbers.
  3. Powerful built-in math functions and extensive function libraries.
  4. Extensibility in the form of user-defined functions.

Screenshots :

Qt Front-end untuk GNU Octave

Qt Front-end untuk GNU Octave

QtOctave dan hasil plotting dengan GnuPlot

QtOctave dan hasil plotting dengan GnuPlot

Oke, kalo udah tau Octave ga kalah sama MATLAB, buat apa nunggu lagi?? Fast...
Instal, pake + ga pake dosa karena pake MATLAB bajakan.. akakakakaka.. (Kalo punya duit banyak, ga salah untuk beli MATLAB, hehehe…)

Post a Comment